APENSO INDONESIA

header ads

Siapkan Sekolah Tatap Muka Januari 2021 SMP PGRI 6 Surabaya Menghadiri Simulasi Tatap Muka

“Siapkan Sekolah Tatap Muka Januari 2021
SMP PGRI 6 Surabaya Menghadiri Simulasi Tatap Muka”


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan pembelajaran tatap muka (PTM) harus dilakukan dengan syarat yang ketat. Dia menuturkan bahwa pembelajaran tatap muka yang akan dilakukan pada Januari 2021, harus memperhatikan beberapa hal. 

“Dengan memperhatikan beberapa hal, pemerintah melakukan evaluasi PJJ (Pembelajaran jarak jauh) dengan mendengarkan berbagai pihak,” bahwa PTM pada Januari 2021, dimulai dengan persyaratan yang ketat. 

Pembelajaran tatap muka merupakan pembelajaran yang sangat umum berlangsung saat ini. Pembelajaran tatap muka harus direncanakan secara khusus berdasarkan kaidah-kaidah pengembangan bahan ajar dan standar proses dalam penerapannya. 

Pada pembelajaran tatap muka, kemampuan mengajar pengajar sangat menentukan, misalnya penguasaan konsep materi pelajaran dan lingkungan tempat belajar. Konsep materi pelajaran dan lingkungan belajar dapat dikembangkan dengan tepat sesuai dengan kondisi peserta didik melalui model-model pembelajaran yang telah banyak dikembangkan saat ini. 

Menurut Santyasa (2005) model pembelajaran yang dapat diterapkan pada bidang studi hendaknya dikemas koheren dengan hakikat pendidikan bidang studi tersebut. Namun, secara filosofis tujuan pembelajaran adalah untuk memfasilitasi siswa menjadi pemikir kritis, humanis, lentur, dan adaptif dalam menerapkan pengetahuan di dunia nyata. 

Model-model pembelajaran yang dapat mengakomodasikan tujuan tersebut adalah yang berlandaskan pada paradigma konstruktivistik sebagai paradigma alternatif.

Santyasa (2005) mengungkapkan bahwa terdapat dua faktor yang cukup esensial dalam pembelajaran yang bermakna, yaitu orientasi desain dan evaluasi pembelajaran. Pembelajaran hendaknya mencoba menggali kesulitan-kesulitan belajar para siswa berbasis pengetahuan awal dengan desain pembelajaran berorientasi pada fenomena dunia nyata. 

Pembelajaran hendaknya diupayakan dapat memberdayakan pengetahuan awal dan evaluasi yang komprehesif, kerja individu berbasis proyek, pemecahan masalah kolaboratif, dan kerja kooperatif dalam kelompok-kelompok kecil.

Hampir 10 bulan seluruh sekolah melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring (On line). Hal tersebut dilakukan mengingat karena adanya Pandemi Covid – 19 yang melanda seluruh dunia termasuk di Indonesia. Dalam SKB 4 Menteri akan dilaksanakan pembelajaran Tatap Muka yang Insyah Allah dilaksanakan pada bulan Januari 2021. 

Dimana untuk mempersiapkan pembelajaran Tatap Muka yang sesuai dengan protokol kesehatan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Senin,  14/12/2020 mendatangi SMP Negeri 15 Surabaya Jalan H.M.Noer 352. Surabaya untuk menyaksikan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka.

Sebelum masuk di depan gerbang SMP Negeri 15 Surabaya ada Petugas security yang mengukur suhu baik Siswa, Guru, ataupun Orang tua yang mengantarkan Siswa-nya, dibantu oleh 1 orang Guru Satgas Covid untuk melakukan absensi. Setelah absensi, ada Guru yang mengarahkan ke kursi untuk transit sebelum naik ke lantai 3 untuk mengikuti pembelajaran. 

Dalam kesempatan ini, di SMP Negeri 15 Surabaya ada 2 kelas untuk Simulasi pada pagi hari ini. Sebelum memulai pembelajaran seluruh siswa melakukan kegiatan pembiasaan yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PPK, dan Tepuk PPK . Adapun mata pelajaran di SMP Negeri 15 Surabaya pada pagi hari ini adalah Penjaskes & Orkes serta mata pelajaran IPS. 

Di samping pembelajaran Tatap Muka di Sekolah SMP Negeri 15 Surabaya juga share pembelajaran Tatap Muka tersebut melalui Aplikasi ZOOM, sehingga anak didik yang berada di rumah juga sama menerima materi seperti yang berada di sekolah Tatap Muka. Seluruh siswa/siswi yang masuk pembelajaran Tatap Muka membawa bekal makanan sendiri . 

Dalam kesempatan ini, Penulis keliling ke kelas – kelas dan kamar mandi, dimana disana sudah ditempeli protokol kesehatan dan SOP. Selesai mengikuti pembelajaran tatap muka di dalam kelas Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 menuju ke ruangan bapak Kepala SMP Negeri 15 Surabaya untuk menerima pengarahan dari bapak Kepala SMP Negeri 15 Surabaya dan Pengawas Pembina bapak Drs. ACHMAD SYUHADAK, M.Pd.

Dalam kesempatan tersebut, bapak Kepala SMP Negeri 15 Surabaya menayangkan Video Pembelajaran Tatap Muka yang dilakukan di SMP Negeri 15 Surabaya. Setelah itu, Ketua Satgas Gugus Covid SMP Negeri 15 Surabaya menyampaikan materi tentang dokumen yang harus dipersiapkan sekolah. Tepat pukul 10.30 seluruh siswa/siswi SMP Negeri 15 Surabaya yang mengikuti Simulasi Tatap Muka pulang ke rumah masing – masing. Sebelum pulang mereka cuci tangan dan di periksa suhu oleh security sambil menunggu jemputan dari orang tua masing – masing.

Selepas dari SMP Negeri 15 Surabaya, Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya langsung bergerak cepat mempersiapkan dokumen- dokumen untuk pembelajaran tatap muka Insyah Allah semua berkas dari SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya untuk Tatap Muka akan di kirim ke link https://eoffice.dispendik.surabaya.go.id/stmj/.

Penulis juga berharap agar Pembelajaran Tatap Muka di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya bulan Januari 2021 berjalan lancar tanpa adanya halangan, Guru, Siswa, dan Keluarganya sehat berkah barokah selamanya menyambut Pembelajaran Tatap Muka 2021.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar